Minggu, 24 Oktober 2010

Berbakti Kepada Orang Tua





 

              اَلّسَلاَََ مُ عََلَيْكُمْ  وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَ كَا تُهُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ واَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أًمَّا بَعْدُ

Dewan yuri yang saya hormati  bapak ibu dan teman-teman Rohimakumulloh.
Ijinkanlah pada kesempatan ini kami menyampaikan kultum tentang Berbakti kepada Orang tua.

Hadirin Hadirot Rohimakumulloh
Pertama marilah kita mengucapkan syukur kehadirot Alloh swt, yang telah memberikan kepada kita semua  berbagai kenikmatan, diantaranya nikmat  dilahirkan di dunia ini. Selama ini kita tahu , bahwa bapak dan ibu adalah orang tua kita, maka dari itu harus dihormati, disayangi dan dipatuhi. Lebih-lebih kepada ibu, Bagaimana ketika hamil, seorang ibu mengandung dengan bersusah payah, lebih-lebih dikala akan melahirkan  penuh kesakitan dan lemah. Begitu juga seorang bapak, yang telah mencarikan nafkah untuk kebutuhan hidup kita, agar kecukupan.
Ayah dan ibu telah bersusah payah mengasuh, maendidik dan membesarkar anak-anaknya. Mereka mendidik kita dengan penuh kesabaran dan kasih sayang, sehingga kita menjadi anak yang pintar dan bertakwa kepada Alloh swt, Karena itu kita harus senan tiasa  berbuat baik kepada orang tua. Hal ini sesuai Firman Alloh :  


Artinya :
dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya ( Qs Al Isro : 23 )

Hadirin Hadirot Rohimakumulloh
Kita sering melihat di tayangan televisi atau media masa , masih ada seorang anak yang tega-teganya menganiaya orang tua, bahkan sampai ada yang membunuhnya, A’U dzubillahi min dzalik. Apa mereka tidak tahu atau hatinya sudah tertutup dari nilai-nilai kebenaran Agama. Sebenarnya Alloh telah melarang kepada kita untuk berkata yang tidak baik terhadap orang tua, Seperti firman Alloh :
Ÿ
Artinya :
"Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka". (Al-Isra': 23)
Mengatakan “ Ah “ saja kita ini tidak boleh, tetapi kenapa ?  Masih ada saeorang anak yang berani-beraninya membentak ataupun menganiayanya, A’U dzu billahi min dzalik : Karena itu, coba kita renungkan sekali lagi,  perjuangan, kegigihan, keikhlasan dan perjuangan mereka demi melahirkan ataupun memelihara kita, Supaya dalam diri kita salalu menyadari  kebenaran yang datangnya dari Alloh swt. Bila kita sadar tidak mungkin  tega  berbuat aniaya kepada orang tua ,yang sudah penuh keikhlasan melahirkan dan mendidik .Maka dari itu mari kita senantiasa selalu konsisten dalam berbakti terhadap orang tua ,
Sebagai perwujudannya sehabis salat mari kita selalu mendoakannnya, supaya mendapatkan ampunan Alloh swt. Dengan doa yang sudah kita hafal
ا للهمغفر لي و لو ا لد ي وارحمهما كما ربيا ني صغيرا
Artinya:
Ya Alloh ampunilah segala dosa saya dan kedua orang tua saya, dan kasihinilah keduanya sebagaimana mereka mendidik saya sejak kecil.
Hadirin hadirot rohimakumulloh
Dalam Islam orang tua mempunyai kedudukan yang istimewa diantaranya :
1.  Dikabulkan doanya ,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiga macam doa yang pasti terkabulkan; doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang teraniaya". (Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Al-Albani).
2.  Akan berdosa besar apabila mendurhakai kedua orang tua,
bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Maukah kalian aku ceritakan tentang dosa yang paling besar?" Kami menjawab: "Ya wahai Rasu-lullah". Beliau bersabda:
"Menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tuaa". (Shahihul Jami')
3. Termasuk amal yang dicintai  Alloh, apabila mencintai kedua orang tua,
Dari Abdullah Ibnu Mas'ud berkata: Saya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: Apakah amal yang paling dicintai Allah? Beliau menjawab: "Shalat pada waktunya." Saya bertanya: "Lalu apalagi?" Beliau bersabda: "Berbuat baik kepada orang tua". Saya bertanya: "Kemudian apalagi?" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersab-da: "Jihad di jalan Allah". (Muttafaq 'alaih)
Hadirin Hadirot Rohimakumulloh
Bukti cinta dan berbakti kepada orang tua selain  menghormatinya adalah  menjaga hubungan persahabatan orang tua dengan teman-temannya. Pada saat seseorang mempererat hubungan persahabatan dengan teman bapaknya, merupakan bukti dalam berbakti kepada orang tua dan pertanda hasil baik pendidikan orang tua kepada anakanya.  Imam Muslim dalam kitab shahihnya menyebutkan tentang bab keutamaan menyambung hubungan persa-habatan dengan teman-teman bapak atau ibu. Karena Rasulullah shallallahu'alaihiWasallam bersabda: "Sesungguhnya perbuatan yang terbaik adalah menyambung hubungan persahabatan dengan sahabat orang tuanya".
Hadiri sekalian demikianlah kultum yang dapat saya sampaikan saat ini,
Suminten suromenggolo ngemot susor,  semanten anggen saget kawulo matur
Kupat kecemplong santen, menawi kawulo lepat nyuwun pangapunten

Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar